BRID

Blogger Reporter Indonesia

Minggu, 05 Juni 2011

sean parker

Sean Parker, Si Jenius yang Misterius
Senin, 15 November 2010 - 12:41 wibStefanus Yugo Hindarto - Okezone
Sean Parker Seorang karyawan di Virginia High school tiba-tiba memanggil Sean Parker dari ruang kelasnya. Ia menyodorkan secarik kertas yang mengharuskannya menemui Ayahnya yang menunggunya di luar halaman sekolah. Ketika itu, usianya baru menginjak usia 16 tahun.

Di saat mata pelajaran 'Peradaban Dunia' itulah, ia beranjak meninggalkan ruang kelas Sekolah Menengah Atas dan menemui ayahnya. Betapa terkejutnya Sean ketika ayahnya datang bersama sejumlah anggota FBI dengan membawa perangkat komputer miliknya. Itulah kali pertama ia berurusan dengan pihak keamanan setelah ia membobol sejumlah jaringan komputer perusahaan multi-nasional dan bahkan database militer.

Sean Parker mengenal dunia komputer sejak usia 7 tahun. Ayahnya merupakan orang yang paling berperan dalam mengajarinya tentang program-program komputer dan seluk beluk internet.

Kejeniusannya sebagai 'Hacker' otodidak tersebut justru membawanya melalang buana di industri dunia maya hingga saat ini. Nama Sean parker kian melonjak setelah sosoknya muncul dalam film besutan David Fincher, 'The Social Network' yang baru dirilis beberapa waktu lalu.

Sosok Sean yang dimainkan penyanyi Justin Timberlake begitu membius sejumlah penonton. Dalam film tersebut, Sean digambarkan sebagai 'Guru' Zuckerberg yang akhirnya membawa Facebook berada di papan atas industri internet.

Pria kelahiran 3 Desember 1979 pertama kali mengawali bisnisnya di dunia maya saat berusia 19 tahun. Ketika itu, ia bersama temannya, Shawn Fanning mendirikan layanan berbagi musik Napster. Ia membawa Napster pada kejayaannya di mana ia menggerakan situs tersebut sebagai mesin uang.

Uang, uang dan uang. Setidaknya itulah ambisi besar Sean dalam berbisnis. Nafsu besarnya untuk memiliki sebuah mesin uang raksasa terus berlanjut hingga ia berhasil memegang kendali Facebook untuk beberapa waktu di masa awal berdiri.

"Jutaan Dollar tidaklah Cool. kamu tahu apa yang cool? Miliaran dollar," kata Sean kepada Zuckerberg dalam sebuah dialog dalam Film Social Network.

Di mata kawan-kawannya, Sean tak hanya dikenal sebagai seorang ahli komputer dan jaringan internet. Tapi ia sangat lihai dalam melobi orang. Zuckerberg sendiri mengakui bahwa Sean adalah sosok yang jenius dan penuh misteri.

"Hanya sedikit orang yang secerdas dia," kata Zuckerberg mengenai sosok Sean Parker.

Namun, kecintaannya pada dunia malam dan pesta justru membuatnya terpuruk. Setelah sukses berkolaborasi membawa Facebook menapaki bisnis internet. Sean tersandung masalah narkoba. Itulah yang membuat Zuckerberg mendepaknya dari Facebook.

Agustus 2005, Sean tertangkap tangan memakai kokain. Namun ia membantah menggunakan barang haram tersebut. diakuinya, barang tersebut digunakan oleh temannya. Sean dibekuk di wilayah North Carolina bersama beberapa temannya termasuk seorang wanita muda yang tak lain asistennya di Facebook.

Usia di depak dari Facebook, Sean menghabiskan waktunya dengan mencari dan mengelola investasi di Founder Fund. Sementara hasil karya kejeniusannya kini telah berkembang menjadi raksasa internet, Facebook, yang dulu pernah merasakan tangan dinginnya, kini berhasil meraup 500 juta pengguna di seluruh dunia. (ugo)

Tidak ada komentar: